Sabtu, 09 Maret 2013

Tips Mempercepat Gadget Android

Tips berikut ini memerlukan proses rooting pada perangkat android anda dan tidak disarankan bagi pemula.

Overclock Gadget Android anda. Sama seperti komputer atau laptop, anda dapat melakukan overclock pada ponsel atau tablet android untuk meningkatkan kecepatannya. Namun demikian untuk bisa melakukan overclock anda harus memiliki hak akses sebagai root. Hal yang perlu anda ketahui dan menjadi perhatian adalah overcloking bisa menyebabkan gadget anda menjadi lebih cepat panas dimana hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada hardware, disamping itu overcloaking juga akan membuat baterai gadget anda menjadi lebih boros.

Instal Custom Rom agar bisa Instal OS android versi terbaru. Seperti yang telah kita ketahui bersama versi terbaru android memiliki performansi kerja yang lebih baik dibanding versi sebelumnya. Sebagai contoh Android 4.1 Jelly Bean lebih responsif jika dibandingkan versi sebelumnya, sehingga dapat secara dramatis mengurangi “lag”. Sambil menunggu official update dari produsen gadget anda dapat melakukan upgrade sendiri dengan cara menginstalkan Custom ROM. Custom ROM sendiri merupakan system operasi android terbaru yang telah disesuaikan untuk perangkat android anda yang dikembangkan oleh sebuah komunitas. Salah satu custom ROM yang cukup terkenal karena mampu mendukung berbagai macam perangat android adalah CyanogenMod.
cara mempercepat hp android
Mengatur Program Autostart. Jika anda telah memiliki hak akses sebagai root didalam gadget android anda, anda dapat menggunakan aplikasi seperti Autostarts untuk mengatur aplikasi-aplikasi mana saja yang akan berjalan secara otomatis pada perangkat android anda. Hal ini tentu akan mempercepat proses boot gadget anda.

Hal-hal Yang Tidak Perlu Dilakukan

Berikut hal-hal yang tidak perlu anda lakukan, atau bahkan bisa kontraproduktif.
Men”defrag” Android anda. Sudah sejak dahulu para pengguna window bahwa dengan mendefrag hard disk dapat mempercepat kerja komputer mereka. Hal ini lah yang dimanfaatkan oleh para penipu untuk membuat aplikasi defrag untuk android. Perlu anda ketahui perangkat solid-state drive (SSD) akan secara otomatis mengatur dimana data akan disimpan, jadi proses defrag tidak akan mempercepat android anda. Bahkan pada kenyataanya proses defrag akan mempercepat waktu hidup media penyimpanan android anda hal ini disebabkan SSD memiliki keterbatasan jumlah penulisan ulang.
Menjalankan Task Killer. Aplikasi task killer berfungsi untuk menghentikan proses sebuah aplikasi dan mengeluarkannya dari memori. Hal ini terdengar sangat bagus untuk mempercepat gadget anda. Namun yang sebenarnya terjadi malah akan memperlambat gadget anda. Android akan mengatur setiap proses didalam gadget, dimana proses tersebut berlangsung dibalik layar dan tidak menggunakan sumber daya seperti dilakukan pada Windows. Jika memori anda telah penuh menjalankan proses, ini pertanda baik karena jika ada memori yang tidak terpakai tentu memori tersebut menjadi tidak bermanfaat.
cara mudah mempercepat hp android
Disamping itu aplikasi yang terdapat pada memori akan lebih cepat di “ambil” jika anda ingin menjalankannya kembali. Ketika anda mematikan proses sebuah aplikasi, maka akan dibutuhkan waktu akses yang lebih lama lagi untuk menjalankan aplikasi tersebut kembali. Jadi biarkan android melakukan pengaturan proses untuk gadget anda. Kecuali untuk aplikasi-aplikasi “nakal” yang mana memang harus anda hentikan dan unistal.

0 komentar: